Rabu, 05 September 2012

HERBA - GULA AREN, Si Manis Untuk Diabetes dan Obesitas

MANFAAT GULA AREN BAGI KESEHATAN

Enau atau AREN (Arenga pinnata) adalah palma yang terpenting setelah kelapa (nyiur) karena merupakan tanaman serba guna. Tumbuhan ini dikenal dengan pelbagai nama seperti nau, hanau, peluluk, biluluk, kabung, juk atau ijuk (aneka nama lokal di Sumatra dan Semenanjung Malaya); kawung, taren (Sd.); akol, akel, akere, inru, indu (bahasa-bahasa di Sulawesi); moka, moke, tuwa, tuwak (di Nusa Tenggara), dan lain-lain.
Bangsa Belanda mengenalnya sebagai arenpalm atau zuikerpalm dan bangsa Jerman menyebutnya zuckerpalme. Dalam bahasa Inggris disebut sugar palm atau Gomuti palm.

Masyarakat pada umumnya, sudah sejak lama mengenal pohon aren sebagai pohon yanh dapat menghasilkan bahan-bahan untuk industri kerajinan. Hamper semua bagian atau produk tanaman ini dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi.

Manfaat Gula Aren Buat Penderita Diabetes....
Kalori yang terkandung dalam gula aren juga lebih kecil dari gula putih, dan gula aren memiliki nilai indeks GLIKEMIKk yang lebih rendah yaitu sebesar 35 sedangkan pada gula pasir indeks glikemiknya sebesar 58. sehingga lebih aman bagi penderita DIABETES dan atau tidak akan menyebabkan diabetes.

Skala 0 – 100 digunakan untuk mengukur seberapa besar makanan tersebut meningkatkan kadar gula dalam darah. Indeks glimetik (IG) yang mempunyai skala dibawah 50 disebut rendah, 50 – 70 sedang, sedangkan jika angkanya diatas 70 dianggap skala glimetiknya tinggi. Rendahnya IG ini bermanfaat bagi pengidap DIABETES, atau untuk yang ingin menurunkan BERAT BADAN.

Selain kandungan gulanya yang lebih sedikit, gula aren juga diketahui mengandung senyawa-senyawa lain yang bermanfaat seperti thiamine, riboflavin, asam askorbat, protein dan juga vitamin C, kalsium, magnesium, KALSIUM, dan SERAT, sangat baik untuk PERTUMBUHAN ANAK ANAK .
Hasil penelitian dari Philippine Food and Nutrition Research Institute memaparkan gula aren memiliki kandungan makro nutrient yang lebih banyak dari madu dan gula tebu, serta kandungan nitrogen, klorida (CI), sulfur, dan boron yang tidak terdapat pada jenis pemanis lainnya.

Mengganti gula putih dengan gula aren merupakan salah satu alternatif cara sehat. Misalnya menggunakan dalam pembuatan minuman kopi atau yang lainnya.
SEMOGA BERMANFAAT UNTUK SAHABAT, "SALAM SEHAT SALAM HERBA"

www.facebook.com/photo.php?fbid=3775466110454&id=1390876664&set=a.1135198985426.2023850.1390876664&refid=17&_ft_=fbid.3775466270458


Tidak ada komentar:

Posting Komentar